Kerangka Asesmen Tes Kemampuan Akademik Bahasa Indonesia - SMP Sederajat
Bahasa Indonesia - SMP Sederajat
Definisi
Sebagaimana TKA Bahasa Indonesia SD/MI/sederajat, TKA Bahasa Indonesia SMP/MTs/sederajat juga difokuskan pada keterampilan membaca.
Muatan
- Keterampilan membaca diujikan pada dua jenis teks, yaitu teks informasi dan teks fiksi.
- Teks informasi merupakan teks yang berisi fakta, konsep, atau prosedur dari berbagai bidang atau topik yang berskala lokal, nasional, atau global. Teks informasi dapat berupa teks tunggal maupun teks jamak.
- Teks fiksi merupakan cerita rekaan yang dapat bersifat faktual (sejarah/biografi) atau realisme dengan latar cerita konkret atau abstrak, tokoh berkarakter bulat, konflik tunggal atau jamak dengan penyelesaian tertutup, alur campuran, dan sudut pandang orang ketiga.
Teks yang digunakan TKA memiliki karakteristik kosakata, kalimat, dan wacana sebagai berikut:
- Kosakata: kata umum, kata berimbuhan/konfiks, kata abstrak, makna denotatif, istilah teknis, makna konotatif konteks tertentu.
- Kalimat: jumlah kata per kalimat 5–9 kata, kalimat tunggal berbagai pola, kalimat majemuk setara.
- Wacana: kohesi penyulihan/substitusi, konjungsi antarparagraf perbandingan dan penekanan/intensifikasi, penggunaan tanda baca untuk mendukung deskripsi; panjang teks 200–250 kata (kecuali teks puisi).
Kompetensi
Aspek keterampilan membaca yang diukur adalah:
- Mengidentifikasi informasi tersurat dalam teks;
- Menyusun ulang, mengelompokkan, membuat ikhtisar, dan menyajikan kembali informasi tersurat dalam teks;
- Mengidentifikasi dan menyimpulkan informasi tersirat dalam teks;
- Menilai gagasan, fakta, atau opini dalam teks; dan
- Menanggapi isi teks, merefleksi diri dengan tokoh atau kejadian, dan menanggapi bahasa penulis dalam teks.
Aspek-aspek tersebut dikelompokkan ke dalam tiga kompetensi, yaitu:
- Pemahaman tekstual: kemampuan memahami informasi eksplisit, mengelompokkan, menyusun ulang, dan menyajikan kembali informasi eksplisit dari teks.
- Pemahaman inferensial: kemampuan menarik kesimpulan berdasarkan informasi yang tersirat dalam teks.
- Evaluasi dan apresiasi: kemampuan membuat penilaian terhadap ide, menanggapi teks secara emosional dan estetis dengan mempertimbangkan dampaknya terhadap perasaan, imajinasi, serta penggunaan bahasa oleh penulis.
Matriks Asesmen
| No. | Kompetensi | Subkompetensi |
|---|---|---|
| 1. | Pemahaman Tekstual | Mengidentifikasi penggunaan istilah dalam berbagai bidang. |
| Mengidentifikasi objek dan/atau latar berdasarkan kosakata yang digunakan dalam teks fiksi atau nonfiksi. | ||
| Mengidentifikasi informasi penting yang tersurat dalam teks. | ||
| Menyusun kerangka atau bagan berdasarkan bagian-bagian penting dalam teks. | ||
| 2. | Pemahaman Inferensial | Menyimpulkan ide pokok, gagasan pendukung, tokoh, peristiwa, latar, dan/atau nilai-nilai dalam dan/atau antarteks. |
| Menjelaskan kelogisan hubungan antarperistiwa, antargagasan, dan/atau antarinformasi dalam dan/atau antarteks. | ||
| Memprediksi peristiwa dalam teks. | ||
| Menjelaskan bahasa kias dan citraan yang digunakan dalam teks fiksi. | ||
| 3. | Evaluasi dan Apresiasi | Menilai relevansi peristiwa dalam teks dengan kehidupan sehari-hari. |
| Menilai kesesuaian dan/atau keakuratan unsur, kebahasaan, atau isi berdasarkan perbandingan informasi dalam dan/atau antarteks. | ||
| Menyimpulkan respons emosional terhadap unsur teks fiksi. |
Komentari Tulisan Ini
Halaman Lainnya
Lini masa perkembangan MTs Ma'arif NU 01 Sidareja
Linimasa Pembangunan Gedung Linimasa Pembangunan Gedung 2025–2026 Juli–Agustus 2025 Tahap Perencanaan Penyusunan desain arsitektur, anggaran biaya, dan perizinan p
CONTOH SOAL BAHASA INDONESIA TKA SMP/MTs
Bank Soal CBT Teks Ulasan 1 Teks Ulasan 2 No Soal 1 Kompetensi Pemahaman Tekstual Sub Kompetensi Mengidentifikasi objek dan/atau latar berdasarkan kosakata yang dig
CONTOH SOAL TKA MTK
Kerangka Asesmen - Mata Pelajaran Wajib SMP CONTOH SOAL MTK Terdapat tiga bilangan yang dinyatakan dengan (332 − 32), (82 + 296), dan (36 × 35). No Soal 1 Ko



